16 Cara Mencegah Hama dan Penyebab Hama

3 min read

16 Cara Mencegah Hama dan Penyebab Hama

16 Cara Mencegah Hama dan Penyebab Hama – Hama adalah salah satu musuh utama bagi para petani. Dimana hama tersebut sering menyebabkan kerusakan atau gangguan pada tanaman yang telah mereka tanam. Akibatnya hasil panen sering mengalami penurunan dan tidak sesuai dengan yang petani harapkan. Saat ini, hama tanaman yang enjadi musuh petani mulai bertambah bahkan semakin meningkat. Padahal berbagai cara telah dilakukan oleh para petani dalam mencegah hama tersebut. Akan tetapi, hasilnya masih belum menunjukkan adanya kepuasan.

Terdapat berbaagai jenis hama yang dapat kita jumpai bahkan sering mengganggu dan menggagalkan hasil panen berbagai tanaman, seperti jagung, padi, ataupun tanaman budidaya lainnya.
Untuk melakukan pencegahan para petani perlu melakukan beberapa cara dan hal tersebut disesuaikan dengan jenis hama yang mengganggu. Penjelasan mengenai 16 Cara Mencegah Hama dan Penyebab Hama akan dijelaskan sebagai berikut. Akan tetapi, sebelumnya dibawah ini beberapa jenis hama yang seringkali kita jumpai diantaranya, yaitu:

1. Tikus

Ternyata tikus tidak hanya dapat kita jumpai di rumah saja. Tikus sering juga berkeliaran di daerah ladang dan sering menyebabkan kerusakan pada tanaman. Biasanya tikus ini akan menyerang ketika petani telah melaakukan penyemaian serta pada saat masa vegetaatif, masa generative, masa panen, bahkan ketika hasil panen telah berada di tempat penyemaian. Dimana hama tikus ini akan meyerang bagian biji serta batang tanaman yang masih muda. Tidak hanya itu, ternyata hewan ini akan membuat sarang di area sawah atau ladang dengan membuat lubang-lubang pada pematang sawah ataau berlindung dibalik semak.

Baca Juga :   Klasifikasi Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

Dalam upaya pencegahan dalam mengatasi hama yang satu ini, anda dapat melakukaan beberapa cara berikut ini:

  • Membongkar atau menutup tempat dimana tikus tersebut bersarang dan bersembunyi.
  • Gunakan hewan lainnya seperti ular sebagai musuh utama tikus.
  • Anda juga bisa melakukan penanaman pada waktu bersaaam agar dapat dipanen pada wakt yang sama. Cara ini dapat mencegah tikus.
  • Cara berikutnya anda bisa memakaai racun tikus untuk membasminya. Proses pemberian racun tikus sebaiknya dilakukan ketika tanaman telah berbunga dan berbiji.

2. Wereng

Wereng adalah jenis hama yang sering kali menyerang tanaman padi. Hawa wereng akan menyebabkan daun serta bagian batang tumbuhan menjadi berlubang. Batang dan daun yang telah diserang oleh wereng akan menguning, mongering dan akhirnya mati. Untuk itu berikut cara pencegahan yang mungkin bisa anda lakukan.

  • Membuat dan melakukan pola pengaturan tanaman yaitu dengan melakukan penanaman serentak atau dengan cara pergiliran tanaman. Hal ini dilakukan untuk memutuskan silkus hidup wereng.
  • Lakukan pembasmian dengan menggunakan hewan lain seperti laba-laba, dan kumbang.
  • Apabila kedua cara tersebut tidak efektif, maka lakukan pembasmian dengan memakai insektisida.

3. Walang Sangit

Selain wereng ternyata walang sangit juga menjadi hama yang paling sering dijumpai pada tanaman padi. Hama yang satu ini akan melakukan penyerangan dengan cara mengisap butir padi yang masih cair. Biji-biji padi yang telah dihisap akan kopong dan berubah warna menjadi hitam. Biasanya daerah persawahan yang dekat dengan lingkungan hutan dengan populasi gulma yang tinggi, serta waktu penanaman yang tidak serentak akan menyebabkan perkembangan wwalang sangit menjadi lebih cepat. Untuk itu, berikut beberapa hal yang perlu anda lakukan sebagai upaya pencegahan.

  • Melakukan penaanaman secaara serentak
  • Membersihkan gulma yang ada dilingkungan persawahan
  • Menangkap walang sangit dengan memakai bantuan jala pada pagi hari.
  • Memakai musuh alami seperti menanam jamur yang dapat menginfeksi walang sangit.
Baca Juga :   2 Pembelahan Meiosis : Ciri-ciri serta Tahapan Proses Pembelahan

4. Ulat

Ulat adalah hama tanaman yang paling umum dan sering kita jumpai pada tanaman apa saja. Hama ulat ini akan menyerang pangkal daun muda dan memakan daun pada malam hari. Cara pencegahannya anda bisa melakukan bbeberapa cara sebagai berikut:

  • Membuang telur kupu-kupu yang berada di bawah daun pada tanaman
  • Genangi area penanaman dengan air agar ulat dapat berkumpul dipucuk dan mudah dalam membasminyaa
  • Apabila hal tersebut tidak dapat dilakukan anda bisa memakai pestisida.

5. Tungau

Tungau adalah hama dengan bentuk kutu kecil yang bisa kita jumpai di bawah daun dan biasanya menyerang sari dari daun. Daun yang telah diserang oleh tungau semakin lama akan menguning dan kemudian gugur. Cara penyerangi hama yang satu ini anda dapat memutuskan siklus hidup tungau. Cara tersebut bisa anda lakukan dengan mengumpulkan daun-daun yang diseraang tungau kemudian membakarnya.

6. Uret

Uret juga menjadi salah satu hama tanaman yang bentuknya hampir mirip seperti ulat. Biasanya bagian tanaman padi yang sering diserang oleh hama yang satu ini adalah pada bagian daunnya. Dalam mengendalikan dan pembasmi hama uret anda bisa melakukan sistem bersosok tanam yang baik, sehingga vigor tanaman menjadi baik.

7. Hama Putih Atau Pengorok

Hama putih biasanya akan menyebabkan daun tanaman padi menjadi putih, hingga dain tersebut hanya tertinggal kerangkanya saja. Larva pengorok biasanya akan memanfaatkan air sebagai oksigen dan ia akan membuat gulungan paada daun kemudian menjatuhkan diri di air. Cara mencegahnya dengan meniadakan genangan air pada area penanaman agar larva tersebut tidak memakai air sebagai sumber oksigen.

Penyebab Hama

Selain uraian di atas mengenai 16 Cara Mencegah Hama dan Penyebab Hama. Selanjutnya sedikit penjelasan mengenai penyebab hama yang umumnya sering menyerang dan meresahkaan para petani.

  1. Adanya tingkat keragaman ekosistem.
  2. Pengelolaan tanaman
  3. Varietas unggul namun rentan terhadap seraangan hama
  4. Adanya keanekaragaman genetic
  5. Menanam satu tanaman secara terus menerus tanpa adanya pola
  6. Memilih musim tanam yang salah
  7. Imigrasi hama
  8. Penggunaan pestisida
Baca Juga :   Pengertian Selom (Coelom)

Nah, itulah beberapa penjesalan tentang 16 Cara Mencegah Hama dan Penyebab Hama yang mungkin bisa anda coba untuk lakukan dalam mebasmi hama tanaman. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Baca juga:

4 Cara Kerja Paru-Paru Pada Manusia

Sistem Pernafasan Hewan Invertebrata Dan Penjelasannya