15 Dampak Serius Kantong Plastik Penyebab Polusi Lingkungan

3 min read

15 Dampak Serius Kantong Plastik Penyebab Polusi Lingkungan

15 Dampak Serius Kantong Plastik Penyebab Polusi Lingkungan – Sampah plastik merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang sangat umum dan tengah dihadapi oleh masayarakat Indonesia ataupun dunia. Sifatnya yang ringan, fleksibel, serbaguna, kuat, tahan kelembaban, dan relative lebih murah menjadikan kemudahan ini sebagai pemicu seluruh pihan dan dunia untuk menggunakan plastiks ebagai bahan bagu suatu produk. Namun, penggunaan produk plastik yang tidak ramah lingkungan dapat menyebabkan berbagai masalah lingkungan yang cukup serius. Bahkan dampaknya dapat merusak kesehatan manusia, hewan yang dilindungi ataupun hewan yang hidup darat ataupun air. Misalnya di dalam lautan dimana sampah plastik banyak mencemari air laut.

Penggunaan kantong plastik ataupun produk berbahan plastik lainnya apabila tidak ramah lingkungan dapat menyebabkan dampak serius. Berikut 15 Dampak Serius Kantong Plastik Penyebab Polusi Lingkungan yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Baca Juga :   9 Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus Terlengkap

1. Kematian Binatang

Setiap harinya ketika belanja orang akan memakai kantong plastik sebagai tempat membawa hasil belanja. Setelah sampai di rumah akan dibuang atau tertiup angina dan terbawa hingga ke air laut. Hingga sampah plastik di lautan semakin banyak. Jadi, apabila diakumulasi setiap tahunnya kantong plastik dapat membunuh sekitar 100.000 hewan seperti, ikan paus, lumba-lumba, penguin, dan kura-kura akan menelan kantong plastik tersebut karena salah mengira makanan.

Ketika dikonsumsi oleh hewan, plastik dtidak dapat dicerna dengan baik dan akan menumpuk didalam perut dan akhirnya menyebabkan kematian. Hal yang buruk lainnya jika sampah plastik tersebut tertelan utuh dan tetap di dalam perut hewan yang mati membusuk. Hal ini dapat diartikan bahwa hewan lain akan menelannya dan akhirnya menderita kemudian berakibat kematian.

2. Kantong Plastik Terbuat Dari Produk Minyak Bumi

Sebenarnya produksi plastim membutuhkan sekitar 60-100 juta barel minyak dari cadanga minyak bumi dunia. Jadi, ketika memproduksi plastik maka minyak bumi akan terkuras dan akhirnya menjadikan menipisnya sumber daya yang berharga tersebut. sehingga harganya semakin naik setiap hari.

3. Kantong Plastik Tidak Dapat Dibiodegradasi

Membutuhkan waktu sekitar 2000 tahun agar plastik dapat terurai sepenuhnya. Itu artinya semua plastik yang pernah diproduksi masih tetap hidup di lingkungan dan menjadi polusi lingkungan hingga saat ini.

4. Terkandung Bahan Kimia Beracun

Kantong plastik mengandung bahan kimia ketika dipaanaskan. Beberapa penelitian menjelaskan makanan yang dipanaskan dalam kantong plastik dapat menimbulkan pengembangan penyakit seperti asma, obesitas, kanker dan lainnya. Bahan kimia tersebutlah yang menjadikan plastik sebagai bahan yang fleksibel, tahan lama dan sulit terurai.

5. Bahan Kimia Yang Beracun Dilepaskan Ketika Manufaktur Plastik

Bahan-bahan kimia dari kantong plastik sejumlah besar meliputi neurotoksik, hormone-perusak hormone, dan karsonogenik. Bahan kimia ini dapat mencemari lingkungan dan ekosistem melalui polusi tanah, air serta udara.

Baca Juga :   Tulang Rawan: Cara Kerja Dan Fungsinya Terlengkap

6. Dapat Mengalami Sistem Drainase

Begitu banyak kantong plastik yang terbuang dan belum terurai menyebabkan penyumbatan pada sistem drainase. Hal ini sangat berpengaruh pada Negara berkembang, dimana ketika musim hujan akan menimbulkan banjir. Hal tersebut disebabkan sistem drainase yang tersumbat oleh plastik.

7. Sebagai Penyebab Utama Great Pacific Garbage Patch

15 Dampak Serius Kantong Plastik Penyebab Polusi Lingkungan lainnya adalah kantong plastik menjadi penyebab utama tumpukan puing-puing plastik yang begitu besar dan ditemukan di wilayah Samudra Pasifik Utara. Tumpukan sampah tersebut begitu besar berasal dari daratan dan dikenal sebagai Great Pacific Garbage.

8. Dapat Menyebabkan Komplikasi Paru-Paru

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia, wanita hamil yang terpapar bahan kimia pembuatan kantong plastik seperti Phthalates dan BPA dengan konsentrasi tinggi dapat melahirkan anak-anak dengan masalah paru-paru. Anak-anak tersebut nantinya juga akan beresiko tinggi terserang asma.

9. Dapat Mempengaruhi Reproduksi Wanita

Bahan kimia tertentu yang ditemukan sebagai kandungan pada kantong plastik terutama BPA bertindak dengan cara yang sama seperti estrogen. Dimana dalam jangka panjang bahan kimia tersebut dapat mengganggu keseimbangan hormone pada wanitadan mempengaruhi reproduksi.

10. Mengingkatkan Risiko Kanker Prostat Pada Laki-Laki

Bahan kimia yang terkandung dalam pembuatan kantong plastik tidak hanya berpengaruhi pada anak-anak dan wanita, namun juga pada laki-laki.

11. Dapat Menimbulkan Polusi Air Tanah

Kantong plastik yang dibuang pada tempat pembuangan biasanya akan melepaskan bahan kimia dan kemudian meresap kedalam tanah, kemudian akan berakhir pada reservoir air tanah. Dan selanjutnya akan berdampak tubuh manusia melalui tanaman yang dikonsumsi dan air yang diminun. Padahal beberapa percaya apabila air tanah aman untuk diminum, namun bisa jadi air tanah tersebut telah terkonttaminasi oleh bahan kimia plastik.

Baca Juga :   Apa Perbedaan Flora Dan Fauna? Yuk Simak Selengkapnya Dibawah Ini !!!

12. Mengganggu Rantai Makanan Alami

Pencemaran kantong plastik juga berpengaruh pada rantai makanan alami, karena akan berpengaruh secara langsung pada organisme ketika mereka menelan racun plastik. Begitupun seteruskan ketika hewan yang menelan kantong plasting akan dimakan oleh hewan lainnya.

13. Mengganggu Ekosistem Lautan

Ketika setiap orang terus membuang kantong plastik ke lingkungan, maka akan berakhir di lautan. Sehingga akan menumpuk dan mencemari ekosistem lingkungan darat dan laut.

14. Penggunaan Air Dalam Pembuatan Kantong Plastik

Selama memproduksi kantong plastik, akan dibutuhkan begitu banyak air. Jadi, selain mempengaruhi pencemarann air, kantong olastik juga dapat mengurangi sumber air bersih.

15. Penurunan keindahan tempat wisata

Adanya tumpukan sampah plastik dilautan dan daratan menyebabkan tempat wisata yang seharusnya ramah lingkungan dan sumber udara bersih, akan tercemar. Sehingga para wisatawan akan mengalami penurunan minat berkunjung di daerah wisata.

Demikian ulasan mengenai 15 Dampak Serius Kantong Plastik Penyebab Polusi Lingkungan yang memiliki dampak sangat serius. Maka dari itu, ada baiknya jika kita menyediakan atau membawa tas belanja sendiri yang terbuat dari bahan yang dapat digunakan berulang-ulang dan ramah lingkungan.

Baca juga:

Struktur Anatomi Mulut Manusia

Mempelajari Struktur Dan Fungsi Mata Secara Mudah