13 Rantai Makanan Dikolam Dan Penjelasannya

2 min read

13 Rantai Makanan Dikolam Dan Penjelasannya

13 rantai makanan dikolam dan penjelasannya – terjadinya interaksi antar makhluk hidup yang ada disekeliling kita tanpa di sadari sebetulnya banyak sekali. Salah satu interaksi ini yang kerap terjadi interaksi makan dan memakan antara makhluk hidup yang dikenal kita dan kadang ada disekeliling kita. Semua interaksi ini bernama “rantai makanan”. Rantai makanan adalah proses pergerakan energi makanan yang geraknya secara linier organisme prodiesen menuju konsumen ppuncak/ terkecil sendiri.

Dalam pembahasan ini nanti penulis secara khusus akan membahas tentang 13 rantai makanan dikolam dan penjelasannya. Pastinya kita kerap ya melihat kolam disekitar kita, sebab memang jenis dari ekosistem ini kerap kita temui disejumlah rumah yang berbau pedesaan. Ekosistem kolam adalah salah satu ekosistem yang non alami maupun ekosistem buatan tangan manusia.

Terkadang ekosistem kolam tersebut secara sengaja terbuat dan dirancang untuk membudidayakan ikan, yang nanti bisa jadi sumber penghasilan untuk mereka. Sebab memang ekosistem yang ada dikolam ini tak hanya ekosistem alami. Jadi rantai makanan yang sudah terjadi didalamnya juga cenderung sedikit, hal tersebut dikarenakan tak terlalu banyak kelompok dalam jaringan makanan yang terdapat didalamnya.

Pengertian Rantai Makanan Dikolam

Berdasarkan garis besarnya kolam merupakan satu faktor pendukung dari keberhasilan usaha budidaya ikan. Kolam fungsinya menjadi habitat buatan yang sengaja diciptakan supaya ikan bisa hidup dan berkembangbiak secara baik.
Lalu apa yang dimaksud kolam? Kolam ialah perairan yang luasnya bisa terbatas. Sengaja dibuat serta mudah dikuasai artinya kolam ini gampang diisi dengan air, mudah untuk dikeringkan serta mudah dikelola memperoleh hasil maksimal, beton maupun bahan lain yang bisa menampung serta menahan air.
Rantai makan tersebut termasuk ekosistem buatan serta perannya dari alga serta fitoplankton berpengaruh sekali.

Baca Juga :   9 Ciri Terumbu Karang dan Jenis-Jenisnya Lengkap

Ciri Rantai Makanan Di Kolam

Ekosistem kolam mempunyai ciri khas sendiri, jadi berbeda dengan ekosistem lainnya dan unit biosistem yang terdapat didalamnya pastinya berbeda pula dengan ekosistem lain. Secara umum, kelompok ekosistem kolam pun tersusun dari komponen biotik dan abiotik.

Ciri rantai makanan dikolam berikut ini :

  • Ekosistem kolam tersebut sengaja memang dibuat dan dirancang untuk budidaya ikan yang nanti bisa jadi sumber penghasilan untuk mereka.
  • Ekosistem kolam yang mini tidak hanya ekosistem alami.
  • Rantai makanan yang dialami dalamnya juga cenderung sedikit.
  • Banyaknya komponen dalam sejumlah jaring makanan yang terdapat didalamnya.

Contoh Rantai Makanan Di Kolam

Adapun contoh rantai makanan ini yang ada dikolam antara lain :

  1. Energi surya > fitoplankton > ikan > bangau > pengurai
  2. Energi surya > alga > ikan > ular > elang > lalu pengurai
  3. Energi surya > alga > ikan > lalu musang > ular > pengurai
  4. Energi surya > rumput > keong mas > lalu katak > ular > dan pengurai
  5. Energi surya > siput > bebek > manusia> pengurai
  6. Energi surya > alga > cacing > lalu bebek > manusia dan kemudian pengurai
  7. Energi surya > rumput > keong mas > burung > lalu elang dan pengurai
  8. Energi surya > rumput > keong mas > lalu bangau > elang > pengurai
  9. Energi surya > serangga air > kodok > lalu ular > musang > pengurai
  10. Energi surya > alga > ikan kecil > lalu ikan lele > manusia > pengurai
  11. Energi surya > fitiplankton > udang kecil > lalu ikan lele > manusia > pengurai
  12. Fitoplankton > ikan > ular > lalu elang > pengurai
  13. Fitoplankton > udang > ikan > lalu elang > pengurai
  14. Tumbuhan alga > kepiting > burung bangau > lalu elang > dan pengurai
  15. Rumput > serangga > katak > lalu ular > elang > pengurai
  16. Rumput > siput > bebek > lalu elang > pengurai
Baca Juga :   Hubungan Erupsi Gunung Berapi Dengan Sifat Biologis Tanah

Pencemaran bisa berpengaruh terhadap kehidupan ekosistem kolam. Hal tersebut dapat berakibat buruk sampai memusnahkan ekosistem kolam sendiri.
Energi matahari perannya menjadi penggerak hampir semua ekosistem kolam. Interaksi antar makhluk hidup memang selalu terjadi disekeliling kita, dan itu semua tanpa kita sadari. Slaah satu interaksi yang kerap sudah terjadi ini salah satunya di kolam. Seperti yang sudah dipaparkan diatas tadi, bahwa mengenai rantai makanan yang ada di kolam sama halnya dengan rantai makanan di sawah. Mereka melakukan makan memakan yang berurutan.

Istilah Pada Rantai Makanan

Berikut ini ada beberapa istilah pada rantai makanan dikolam, antara lain :

  1. Produsen
    disini, produsen diartikan sebagai komponen organisme yang bisa menghasilkan makananya sendiri. Jadi mereka tidak bergantung dengan organisme lainnya. Misalnya yakni tumbuhan air, fitoplankton dll.
  2. Konsumen I
    Tingkat tropik kedua ini pemakan produsen pada tingkat pertama. Konsumen di tingkat pertama ini termasuk pemakan tumbuhan (herbivora).
  3. Konsumen III
    Organisme ini pemakan konsumen tingkat ke tiga, tipenya seperti burung elang, musang an ular.
  4. Pengurai (dekomposer)
    Pengurai termasuk konsumen akhir yang dapat menguraikan senyawa organik mati. Tipe ini antara lain bakteri, jamur dan beragam jenis cacing.

Pembahasan artikel tentang 13 rantai makanan dikolam dan penjelasannya bisa dipakai sebagai penambah wawasan kalian. Disini kalian bisa lebih mengenai bagaimana alur dari rantai makananan dikolam, yang terbagi atas 4 komponen. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Rantai Makanan Di Area Hutan Dan Penjelasannya

Pengertian Selom (Coelom)