13 Fungsi Kelenjar Ludah yang Benar dalam Sistem Pencernaan Manusia

2 min read

13 Fungsi Kelenjar Ludah yang Benar dalam Sistem Pencernaan Manusia

13 Fungsi Kelenjar Ludah yang Benar pada Sistem Pencernaan Manusia – pada bagian wajah kita ternyata telah dilengkapi oleh tiga kelenjar ludah dimana akan selalu memonitoring kesehatan pada rongga mulut. Dari ketiga kelenjar tersebut nanti akan menghasilkan air liur yang bernama (saliva) dan berperan penting dalam proses penguyahan, melembabkan bahkan menghancurkan makanan.

Ketiga kelenjar ludah tersebut diantaranya:

  1. Kelenjar parotis. Letaknya berada dibagian bawah telinga umumnya terjadi pembengkakan serta terasa nyeri saat gusi mengalami bengkak.
  2. Kelenjar submandibularis. Letaknya ada di rahang bawah umumnya sering diserang Paramy virus yang memicu penyakit gondongan.
  3. Yang ketiga kelenjar sublingualis. Letaknya ada di bawah lidah dan umumnya gampang terserang sariawan atau luka karena tak sengaja tergigit.

Didalam air liur ada enzim Ptialin yang berguna untuk menghancukan, melembabkan serta merubah makanan menjadi gula selanjutnya diproses organ tubuh lain dan dirubah menjadi penghantar energi. Jika tidak memiliki energi, maka aktivitas manusia pun tidak maksimal.
Kelenjar ludah juga bisa terganggu kinerjanya bila terdapat pembekakan, luka bahkan nyeri karena adanya benturan serta tak sengaja mengigit saat berbicara dan makan. Kelenjar ludah memang sangat sensitif terserang bakteri atau virus saat mulut kering. Jadi, ludah yang bertugas mengatur keadaan rongga mulut supaya lembab dan tetap sehat.

Fungsi Kelenjar Ludah Penghasil Air Liur

Dibawah ini fungsi kelenjar ludah penghasil air liur:

  1. Menghancurkan serta merubah makanan menjadi gula.
  2. Dapat mempermudah pengunyahan makanan
  3. Dapat memudahkan menelan makanan
  4. Dapat mengontrol keasaman pada mulut secara seimbang
  5. Dapat mengontol kenyamanan lidah selama bergerak
  6. Dapat melembabkan rongga mulut serta mencegah bakteri masuk ke mulut
  7. Dapat menjaga lidah supaya tetap sehat
  8. Dapat melindungi gigi keropos serta karang gigi
  9. Dapat menghindari dehidrasi dengan begitu mulut yang terluka tak gampang terinfeksi. Karena air liur memiliki kemampuan antiseptik menjadi penyembuh luka dengan bertahap.
  10. Mampu mencegah munculnya gondongan.
  11. Mampu mencegah peradangan serta infeksi saat terserang sariawan disebabkan kurangnya asupan Vitamin C.
  12. Bisa memperlambat terjadinya pembusukan makanan pada mulut yang masih tersisa digigi.
  13. Dapat menyeimbangkan kelembaban bibir supaya tidak kekeringan.
    Bila peran kelenjar ludah berpengaruh besar terhadap kesehatan rongga mulut, tentu melemahnya kinerja kelenjar ludah juga dapat mempengaruhi stabilitas dari hidup seseorang. Untuk itu, hindari beberapa hal yang bisa melemahkan kinerja kelenjar ludah.
Baca Juga :   Glaucoma : Pengertian, Jenis, Pemeriksaan, Dan Pengobatannya

Penyebab Melemahnya Kinerja Kelenjar Ludah

Penyebab melemahnya kinerja kelenjar ludah dalam rongga mulut diantaranya:

  1. Disebabkan konsumsi obat obatan berjangka panjang dengan kandungan kimia keras didalamnya, misalnya kandungan antihistamin, diuretic, antipsikotis, dan sedativ.
  2. Terdapat infeksi karena virus yang menjadikan kekebalan tubuh semakin menurun serta kelenjar ludah tak dapat melindungi rongga mulut sehingga mengalami kekeringan.
  3. Karena terlalu sering melakukan kemoterapi kanker disekitar kepala, leher dan belakang telinga. Radiasi yang telah ditinggalkan ketika melakukan kemoterapi nantinya mengumpul pada bagian kelenjar. Kemudian menimbulkan peradangan serta pembengkakan sehingga mengakibatkan aliran ludah yang berasal dari rongga mulut tersumbat serta merusak satu dari 3 kelenjar yakni kelenjar parotis, sublingualis, dan submandibularis.
  4. Sangat sedikitnya minum air putih dengan begitu Muncul dehidrasi disekitar mulut dan mengakibatkan mulut menjadi kering serta gampang mengalami infeksi saat terluka.
  5. Mengalami depresi berat sehingga membuat kelenjar ludah tak dapat mengalirkan ludah dengan normal dalam 3 jaringan kelenjar bersamaan.
  6. Terdapat Paramyxovirus, yakni suatu virus yang menyebabkan gondongan dan menyerang kelenjar parotis, terjadinya pembengkakan pada sekitar leher maupun pipi sisi bawah.
  7. Umumnya tidur serta bernafas lewat mulut. Itu tidak sehat sebab mempermudah masuknya bakteri serta mulut kering. Dalam masalah ini, kelenjar ludah tak Bisa membasahi semua bagian rongga mulut saat bersinggungan langsung dengan udara bebas ketika mulut terbuka.
  8. Memiliki sakit nyeri sangat lama di bibir sisi dalam Misalnya sariawan.

Akibat Kelenjar ludah yang Tersumbat

Bila kelenjar ludah anda tersumbat, maka secepatnya perlu diobati. Atau mendapati kinerja kelenjar semakin melemah, dapat mengakibatkan pembengkakan kemudian mengalami peradangan, bisa menimbulkan kinerja air liur ( saliva) menjadi tidak normal, seperti:

  1. Sulit berbicara atau jadi gagap.
  2. Sulit menelan makanan meski teksturnya lembut sekalipun
  3. Mulut menjadi kering sekali membuat rasa pahit pada rongga mulut tak bisa hilang sesudah minum air buah rasa asam.
  4. Mengakibatkan air liur di mulut balik arah empedu serta tak dapat menggapai rongga mulut. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan kelenjar ludah semakin membengkak dengan hitungan beberapa hari saja.
  5. Dapat mendorong timbulnya penyakit gondongan dan sulit untuk disembuhkan
  6. Dapat memicu pertumbuhan sel tumor jinak.
  7. Dapat mempercepat kerusakan pada email gigi bahkan terjadi pengeroposan disebabkan air liur sebab enzim Ptialin bertugas melindungi gigi terhadap serangan bakteri.
Baca Juga :   6 Kelainan Kulit Pada Manusia dan Cara Mengatasinya Lengkap

Disamping itu, terjadinya pembengkakan pada kelenjar ludah dapat pula terjadi di dalam pembuluh yang membawa liur berasal dari kelenjar ludah menuju arah rongga mulut yang tersumbat. Itu disebabkan adanya batu kelenjar telah menghalangi perjalanan liur dalam menyebarkan air liur berjumlah normal kedalam rongga mulut. Jika kelebihan garam dalam air liur, bisa memicu munculnya batu kelenjar dengan tidak kita sadari.

Itulah pembahasan tentang 13 Fungsi Kelenjar Ludah yang Benar pada Sistem Pencernaan Manusia yang dapat kita pelajari bersama. Dengan mengetahui pembahasan diatas, kita bisa lebih hati hati dan mengetahui tentang kelenjar ludah secara mendalam.

Baca juga:

7 Kelainan Uterus Pada Wanita Beserta Penjelasannya

Proses Reproduksi Manusia Pada Laki-Laki Dan Perempuan