10 Pasang Saraf Kranial Letak Dan Fungsinya

2 min read

10 Pasang Saraf Kranial Letak Dan Fungsinya

10 pasang saraf kranial letak dan fungsinya – saraf kranial atau disebut saraf otak merupakan saraf yang ada langsung dibagian otak dan otak belakang, berbeda saraf tulang belakang (muncul dari beragam segmen medulla spinalis). Informasi bisa dipertukarkan antara daerah otak serta daerah lain, khususnya kepala dan leher meewati saraf kranial. Berikut ini penjelasan 10 pasang saraf kranial letak dan fungsinya.

Hanya saraf pertama serta pasangan kedua muncul langsung dimulai otak besar, sementara sisanya sepuluh pasang muncul dari batang otak serta bagian yang berhubungan misalnya spons serta perbatasan medulla. Saraf kranial merupakan 12 pasang saraf yang bisa dilihat di ventral (bawah) permukaan otak. Sejumlah saraf bisa membawa informasi dari indra menuju otak, otot saraf kranial mengendalikan lain, saraf kranial lain yang menghubungkan ke kelnjar maupun organ misalnya jantung serta paru-paru.

Saraf kranial ialah komponnen dari sistemsaraf perifer yang sejati, namun saluran sarafnya dari diensefalon, jadi kedua saraf optic serta retina merupakan bagian sistem asaraf pusat (SSP).
Fungsi saraf kranial fungsinya bergantung asal dan jenis saraf. akan tetapi, penting bagi kita mengetahui segala sesuatunya mengenai fungsi mereka, sebab setiap jenis masalah yang berpengaruh pada saraf ini bisa mengakibatkan masalah serius serta komplikasi kesehatan mental orang itu.

1. Olfaktorius

Berjenis sensorik, yakni dapat enerima rangsang dari hidung lalu menghantarkan menuju otak guna diproses menjadi sensasi bau. Fungsinya antara lain : inti penciuman anterior, murni saraf sensorik yang dapat membantu mengirimkan indera penciuman dan letaknya di foramina penciuman dalam piring cribiform tulang ethmoid.

Baca Juga :   7 Fungsi Protein : Pengertian, Struktur, dan Jenisnya Terlengkap

2. Optic

Berjenis sensorik, yakni menerima rangsang mata dan akan menghantarkan di otak guna proses persepsi visual. Merupakan sel ganglio retina dan saraf ini mentransmisikan informasi visual menuju otak yang letaknya di kanal optic.

3. Okulomotor

Berjenis motoric, fungsinya menggerakkan sebagian besar otot mata. Saraf ini khusus saraf motoric dan asalnya di otak tengah. Saraf ini juga menginervasi levator palpebrae superioris, rektus superior, dll yang dengan kolektif menjalankan gerakan mata.

4. Troklearis

Berjenis motoric, fungsinya untuk menggerakkan sejumlah otot mata. Saraf ini asalnya dari otak tengah. Saraf ini sebagai innervates otot superior yang menekan, memutar lateral sekeliling sumbu optic serta dapat membantu intort

5. Trigeminus

Berjenis gabungan, jadi fungsinya jika sensori menerima rangsangan wajah guna diproses otak menjadi sentuhan sementara motoric menggerakkan rahang. Saraf ini asalnya dari pons. Saraf trigeminal merupakan merupakan saraf campuran, yakni mengandung sensasi baik motoric dan sensorik.

6. Abdusen

Berjenis motoric, fungsinya menjadi abdusi mata. Saraf ini asalnya dari sepanjang margin posterior pons. Saraf ini khusus bersifat motoric. Ini invervates rekstus lateral yang dapat membantu guna melarikan mata serta letaknya ada di fisura orbital superior.

7. Fasialis

Berjenis habungan, untuk sensorik dapat menerima rangsang dari bagian anterior lidah guna diproses di otak untuk sensasi mata. Sedangkan motoric dapat mengendalikan otot wajah guna menciptakan ekspresi wajah.
Saraf ini asalnya dari pons. Saraf wajah baik sensorik maupun motoric alami. Saraf wajah adalah salah saru saraf terpenting dalam tubuh. Pada saraf tersebut mampu memberi persarafan motor yang berguna untuk ekspresi wajah, untuk perut posterior oleh otot digastric & oror stapedius. Bahkan menerima deskripsi khusus untuk rasa anterior 2/3 lidah, memberi persarafan secretomotor ke kelenjar ludah (selain parotis) dengan kelenjar lakrimal.
Hal tersebut letaknya dan jalannya lewat saluran akustik internal guna kanalis facialin serta keluar di formaen stylomastoideum.

Baca Juga :   4 Fungsi Jaringan Sklerenkim Pada Tumbuhan

8. Vestibulokoklearis

Berjenis sensorik, sensori sistem vestibular ini dapat mengendalikan keseimbangan sensori koklea yang dapat menerima rangsang guna diproses dalam otak menjadi suara.
Saraf ini awalnya sepanjang cerebellopontine angle. Saraf sensorik ini sebagian besar alami. Seperti pada namanua, saraf tersebut indra suara, rotasi serta grafitasi yang pentig sekali guna keseimbangan serta gerakannya.
Vestibular ini bercabang membawa impuls guna keseimbangan serta cabang koklea dalam membawa impuls di pendengaran. Hal tersebut letaknya ada di kanal akustik internal.

9. Glosofariungeus

Berjenis gabungan, yakni sensori dapat menerima rangsang bagian posterior lidah guna diproses diotak menjadi sensasi rasa. Sementara motoric dapat mengendalikan sejumlah organ dalam. Saraf ini asalnya dari medulla, sifatnya sensorik dan motoric alami. Saraf ini dapat menerima rasa posterior sepertiganya lidah, memberikan persarafan secretomotor di kelenjar parotis serta memberikan persarafan secretomotor di kelenjar parotis serta memberikan persarafan motoric para stylopharyngeus, dan terpenting untuk nyeri, taktil dan sensasi termal.
Sejumlah sensasi pun disampaikan di otak dari tonsil palatine. Sensasi ini disampaikan di thalamus yang berlawanan serta sejumlah inti hipotalamus. Saraf tersebut letaknya ada di foramen jugularis.

10. Vagus

Jenisnya gabungan, jadi sensorinya menerima rangsangan organ dalam, sementara motoriknya mengendalikan sejumlah organ dalam. Saraf tersebut asalnya dari sulkus posroloteral medulla. Saraf tersebut sifatnya sensorik dan motoric alami. Saraf tersebut akan emmasuk persarafan branchiomotor di sebagian laring serta seluruh otor faring (kecuali stylopharyngeus dengan dipersarafi saraf glossopharingeus).
Fungsi utama saraf ini merupakan mengontol otot suara guna mengontrol otot untuk suara serta resonansi bersama langit lunak.

Itulah tadi informasi lengkapnya seputar 10 pasang saraf kranial letak dan fungsinya. semua tubuh manusia ini dipersarafi saraf bagian sistem saraf. mereka dapat membantu kita guna merasakan seluruh panca indra kita. Semoga informasi ini bisa membantu kalian.

Baca Juga :   19 Penyakit Pada Sistem Reproduksi Pria beserta Penjelasannya Lengkap

Baca juga:

Fungsi Utama Lidah Manusia

Ciri Perbedaan Hewan Dan Tumbuhan