10 Jenis-Jenis Rumput Laut Di Indonesia Beserta Gambarnya

2 min read

10 Jenis-Jenis Rumput Laut Di Indonesia Beserta Gambarnya

10 jenis-jenis rumput laut di Indonesia beserta gambarnya – kekayaan sumber daya laut yang ada di Indonesia, keragaman hayati serta sejumlah jenis sumber daya alam didalamnya yang melimpah ruah. Rumput laut menjadi salah satu biota laut dengan beragam spesiesnya di Indonesia. Kekayaan spesies rumput laut tersebut tak hanya berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem akan tetapi bisa diambil manfaatnya.

Manfaat dari rumput laut tersebut sangatlah beragam, antara lain: menjadi bahan baku industry masakan, industry kontruksi, industry kosmetik, farmasi, kesehatan dan kedokteran. Untuk itu sudah banyak sekali masyarakat khususnya masyarakat pesisir yang sudah membudidayakan beragam jenis rumput laut. Kali ini akan kami bahas seputar 10 jenis-jenis rumput laut di Indonesia beserta gambarnya.

Pengelompokan tumbuhan rumput laut tergolong ke dalam makroalga yang tak mempunyai akar, batang sejati (thallophyta) dan daun. Ada thallus yang menggantikan fungsi akar tumbuhan yakni menjadi penyerap hara serta nutrisi dari sekelilingnya.

Jenis Rumput Laut yang Dibudidayakan

Ada berbagai jenis rumput laut yang sudah dibudidayakan, akan tetapi ada sejumlah jenis rumput laut unggulan yang sudah dibudidayakan serta berpotensi di Indonesia. Berikut ini antara lain sejumlah jenis rumput laut, yakni :

1. Gelidium sp.

10 Jenis-Jenis Rumput Laut Di Indonesia Beserta Gambarnya

Rumput jenis ini adalah bagian dari spesies rhodophyta (rumput laut merah). Warna merah di rumput laut tersebut dikarenakan pigemn fikoeritin. Gelidium sp mempunyai panjang kira-kira 20 cm dan lebarnya 1,5 mm. thallusnya warna coklat, merah, hijau coklat dengan pirang.
Organ reproduksinya ukuran makroskopis. Rumput laut ini mempunyai warna bervariasi, sebab berhubungan dengan fungsi cahaya matahari untuk tumbuhan rumput laut yang mana terdapat besar kecilnya intensitas cahaya yang mempengaruhi terhadap arna. Di Indonesia sendiri mempunyai 8 jenis spesies rumput laut.

Baca Juga :   Jenis Daun Menjari : Penjelasan dan Contohnya Lengkap

2. Gracilaria verrucosa

10 Jenis-Jenis Rumput Laut Di Indonesia Beserta Gambarnya

Rumput laut jenis ini merupakan spesies rhodophyta. Sama dengan jenis rumput laut lain, rumput laut ini mempunyai bentukan mirip akar, daun, batang maupun buah bernama thallus. Cirinya ini berbentuk menipis serta silindres yang bentukannya percabangan yang tak beraturan.
Wilayah penyebaran Gracilaria verrucosa yang ada di Indonesia Sulawesi selatan mencakup wilayah takalar, sinjai, paloppo, dll. daerah budidaya rumput laut ini ada di Sumbawa, sumatera selatan lalu pantai utara jawa dll.

3. Eucheuma spinosum

10 Jenis-Jenis Rumput Laut Di Indonesia Beserta Gambarnya

Rumput laut jenis tersebut adalah spesies dari rumput laut merah pula.thallus sendiri bentuknya silinder, percabangannya berujung runcing serta ditumbuhi tonjolan berbentuk duri lunak. Permukaan tubuhnya ini licin dan warnanya coklat, coklat tua, merah ungu atau hijau kuning.

4. Eucheuma cottonii

10 Jenis-Jenis Rumput Laut Di Indonesia Beserta Gambarnya

Rumput laut ini bisa dibedakan dari thallusnya yang mana thallus tersebut bercabang-cabang bentuknya silinder maupun pipih dengan percabangan yang tak teratur serta kasar jadi termasuk lingkaran sebab ditumbuhi dengan nodulla maupun spine guna melindungi gametan.
Ujungnya runcing maupun tumpul warnanya coklat ungu maupun hijau kuning. Spina euchema cottoni tak teratur menutupi thallus serta cabang-cabangnya. Permukaan licin, warna hijau, cartilaginous, hijau kuning, serta abu abu maupun merah.

5. Acanthopora spicifera

10 Jenis-Jenis Rumput Laut Di Indonesia Beserta Gambarnya

Rumput laut jenis ini adalah bagian dari contoh rumput laut merah. Thallus silindres, tegak, percabangan bebas, ada duri-duri pendek disekeliling thallus yang termasuk karakteristik jenis tersebut. Tubuhnya berwarna coklat tua maupun coklat kekuningan. Rumpun lebat dengan percabangan di segala arah.

Tumbuh di subtract batu maupun subtract keras yang lain misalnya sejumlah jenis terumbu karang serta sifatnya epifit A. specidera dengan menghasilkan alanine serta aspartic acid. Jenis rumput laut yang ini masih belum banyak dibudidayakan sebab kadang dimanfaatkan menjadi makanan olahan saja.

Baca Juga :   Klasifikasi Animalia : Pengertian, Ciri dan Contoh Hewannya Lengkap

6. Chondrococcus hornemannii

Thallus ini pipih, permukaannya halus, membentuk rumpun kecil namun rimbun sekali dengan saling bertumpukan. Percabangan di selangs eling secara teratur, tubuhnya berwarna merah ungu atau pirang dan merapat.

7. Hypnea sp.

Ciri khas rumput laut ini memiliki thallus lurus, bercabang lemah, warnanya coklat maupun kehijau-hijauan bergantung dengan intensitas dari cahaya matahari serta kedalaman tempat tumbuh. Sepanjang thallus ada rambut-rambut halus. Sama halnya dengan jenis rumput laut lain, dimanfaatkan menjadi bahan baku industry.

8. Ulva lactura

Habitatnya ialah di air laut serta morfologinya berwujud thallus tipis dengan gepeng misalnya pedang yang terdiri dari 2 lapis sel. Tak ada diferensiasi jaringan serta semua sel yang mempunyai bentuk kurang lebih identic, namun kecuali di sel sel basal yang terjadi elongasi membentuk rhizoid penempel. Masig-masing dari sel spesies tersebut terdiri dari sebuah nucleus dengan kloroplas bentuknya cangkir serta sebuah pirenoid.

9. Sargassum sp.

Ciri umumnya mempunyai bentuk thallus silindris maupun gepeng, licin, pipih dan batang utamanya bulat lumayan kasar serta holdfast (dibagian yang dipakai guna melekat bentuknya cakram). Cabangnya rimbun mirip pohon darat. Bentuk daunnya melebar, lonjong maupun seperti pedang. Memili gelembung udara secara umum soliter dan warnanya coklat.

10. Turbinaria sp

Ciri rumput laut ini strukturnya halus dan agak keras maupun kaku, phyloidnya blade mirip turbin mirip sebuah corong di sisinya bergerigi dan bagian tengahnya blade melengkung di dalam ada kantong bagian phyloid.

Itu dia informasi seputar 10 jenis-jenis rumput laut di Indonesia beserta gambarnya. Kekayaan spesies rumput laut tak hanya berperan menjaga keseimbangan ekosistem akan tetapi bisa diambil manfaatnya. Misalnya seperti dimanfaatkan oleh salah satu bahan olahan makanan pabrik dan lainnya. Semoga pengetahuan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga :   Klasifikasi Bakteri Menurut Bentuk, Pewarna Gram, Suhu dan Oksigen Paling Lengkap

Baca juga: