10 Fungsi Lidah Manusia dan Organ Organ Lidah

3 min read

10 Fungsi Lidah Manusia dan Organ Organ Lidah

10 Fungsi Lidah Manusia dan Organ Organ Lidah – lidah merupakan organ tubuh sebagai indra pengecap. Organ tersebut juga sangat sensitive untuk merasakan asam, pahit, manis, pedas, maupun sebagainya. Dengan begitu, jika kita memakan atau meminum minuman terlalu panas bahkan dingin bisa memati rasakan kinerja lidah.
Organ lidah ini terbentuk atas bantuan organ-organ dalam lidah, yang dapat berjalan sesuai fungsinya dalam membantu manusia melakukan pencernaan makanan.

Dibawah ini 10 Fungsi Lidah Manusia dan Organ Organ Lidah diantaranya:

1. Indera Pengecap Atau Perasa

Lidah juga termasuk satu daru lima panca indera yang berguna untuk mengecap ataupun merasakan sesuatu. Lidah sangat peka dengan rangsangan rasa manis, asam, pedas, pahit, maupun rasa lainnya. Selain itu bisa juga untuk mengukur kualitas tekstur serta struktur makanan. Hal tersebut dimanfaatkan oleh pemasak dalam merasakan makanan yang dibuatnya.

2. Membantu Mencerna Makanan

Lidah manusia dan juga hewan juga dilengkapi oleh kelenjar yang berfungsi merawat & membantu lidah dalam menjalankan tugasnya. Diantaranya ialah mencerna makanan. Sehingga pada lidah ada kelenjar air liur untuk membantu mengolah makanan dalam mulut.
Dengan begitu, makanan yang dimakan bisa lebih lembut, dan membantu lidah guna membaui rasa makanan tersebut. Kelenjar tersebut juga membantu lidah meneruskan makanan hingga ke kerongkongan agar dilakukan proses pencernaan selanjutnya. Peristiwa ini disebut sebagai gerakan peristaltic.

Baca Juga :   3 Proses Penting Pembentukan Urine dalam Tubuh Manusia

3. Membantu manusia berbicara

Fungsi lainnya ialah membantu manusia mengucapkan kata kata. Manusia membutuhkan lidah dalam berbicara. Contohnya ketika mengucapkan kata ‘dodi’, ujung lidah menempel di langit langit mulut. Hal itu karena dapat memperjelas ucapan. Bila mau mengucapkan kata ‘dodi’ tidak menggerakkan lidah, maka kata yang keluar cuma ‘oi’ saja.

4. Membantu melembabkan mulut

Kebanyakan orang mengalami bibir kering pada siang hari karena dehidrasi dan cuaca yang sangat panas. Apakah anda tahu bagaimana cara membuat bibir tetap segar? Nah, biasanya kita akan membasahi bibir dengan liur yang lewat lidah. Tujuannya untuk menjaga kelembapan bibir supaya tidak pecah pecah.
Jika dibiarkan begitu saja, akan berakibat sangat parah pecah pecahannya, sehingga bisa sampai berdarah. Kondisi ini menambah resiko terkena infeksi di tandai oleh pembengkakan area lidah.

5. Membantu Gigi Memproses Makanan

Bila dalam mulut hanya terdapat gigi dengan air liur, tentu proses mengunyah tidak bisa berjalan sempurna. Hanya bisa di gigit gigit saja serta tidak dapat membalik makanan tersebut atau menata makanan di dalam mulut.
Selain itu, jika ada sedikit makanan terselip di sela sela gigi, pasti lidah juga yang mencoba mengeluarkannya.

6. Pengirim pesan makanan ke otak

Gigi, bibir, air liur, dan langit langit mulut maupun seluruh organ oral tak mempunyai sistem syaraf yang dapat peka dengan rangangan yang akan mengirimkan pesan sampai ke otak. Karena lidahlah yang akan menjadi organ paling peka untuk mengirimkan pesan kepada otak.
Baik itu, ada gigi keropos, bibir yang mengalami luka sariawan atau berdarah, terdapat lemak tertempel pada langit langit mulut, cuma lidah yang dapat merasakan karena memiliki syaraf yang peka. Selanjutnya akan di kirimkan ke otak lalu di olah dalam sistem informasi. Nah, setelah itu, baru otak memberi tindak lanjut yang perlu dilakukan.

Baca Juga :   Apa Fungsi Rambut Pada Manusia

7. Pengaturan suhu antara dalam tubuh dengan lingkungan

Keistimewaan lain dari lidah ialah menjadi pengatur suhu dalam tubuh dan udara di luar tubuh.
Misalnya saat seseorang sakit, dalam tubuhnya akan terasa panas tinggi. Atau suhu dalam tubuhnya naik. Nah, yang pertama kali akan merasakan kenaikan subu tubuh adalah lidah. Dalam mulut pasti terasa panas, kemudian terasa pahit. Jadi, dengan pengontrol suhu dalam tubuh, tentunya akan membantu tubuh cepat melakukan penanganan supaya lekas sembuh.

8. Pencegah bahaya yang masuk ke dalam mulut

Ketika pertama kali terdapat detergen masuk ke mulut pastinya yang menerima rangsang pertama kali adalah lidah. Namun apakah lidah tersebut langsung menerima rangsangan? Secara alamiah, lidah manusia mampu memberi insting sangat kuat, dalam menentukan makanan mana yang layak dikonsumsi atau tidak.

Dalam masalah ini, peran lidah bagi tubuh kita adalah melindungi tubuh dari racun. Saat lidah seseorang menerima racun, atau didalamnya terkandung zat cukup kuat yang mampu merusak tubuh, lidah dengan sadar pasti menolak.
Tapi kemampuan tersebut tidaklah kuat. Karena tidak semua makanan megandung racun yang masuk pada tubuh dapat ditolak lidah langsung. Bila makanan telah masuk Pada tubuh yang di manipulasi oleh sesuatu yang berdasarkan lidah terasa enak & lezat, atau pantas di makan, tentunya lidah pun dapat menerimanya.

9. Membantu mengeluarkan udara

Manfaat lidah yang selanjutnya ialah bisa membantu mengeluarkan panas dari dalam tubuh, membantu mengeluarkan udara, membantu menghangatkan tubuh, membantu mengontrol suhu tubuh, dan masih banyak lagi.

10. Indikasi keadaan tubuh

Fungsi lidah yang tak kalah penting adalah untuk indikasi terhadap suatu penyakit yang ada dalam tubuh anda. Misalnya saja saat diperiksa dokter ketika masuk angin, maag, tipus, atau lainnya, pasti dokter akan melihat lidah kita terlebih dahulu.

Baca Juga :   Sistem Ekskresi Pada Manusia dan Gangguannya Terlengkap

Ketika mulut kita dibuka, dokter akan memeriksa keadaan lidah kita. Apakah lidah kita mengalami perubahan atau tidak. Adanya perubahan warna pada lidah mampu memberi indikasi mengenai kesehatan kita dan juga jenis penyakit yang kita alami. Jika lidah memiliki warna merah muda seperti biasa, ini menandakan jika kita sedang sehat sehat saja. Namun bila lidah berwarna putih dan memucat, hal ini mengindikasikan jika kondisi tubuh kita dalam keadaan kurang baik.

Itulah pembahasan tentang 10 Fungsi Lidah Manusia dan Organ Organ Lidah manusia yang bisa kita pelajari bersama. Terima kasih.

Baca juga:

Apa Saja Enzim yang Ada Dalam Tubuh

7 Kelainan Uterus Pada Wanita Beserta Penjelasannya