10 Contoh Hewan Amfibi Terlengkap Beserta Penjelasannya

2 min read

10 Contoh Hewan Amfibi Terlengkap Beserta Penjelasannya

10 contoh hewan amfibi terlengkap beserta penjelasannya – contoh hewan amfibi adalah hewan yang hidupnya dua alam yakni di air dan di darat seperti salamander, katak dan kodok. Hewan yang termasuk amfibi dikenal menjadi hewan yang bisa beradaptasi guna hidup di air dan di darat menggunakan perkembangan metamorfosa sempurna. Berikut ini akan kami bahas mengenai ciri dan 10 contoh hewan amfibi terlengkap beserta penjelasannya.

Ciri ciri hewan amfibi

  • Pada hewan amfibi secara umum mempunyai tulang belakang sebagai pendukung sistem ekskresi hewan vertebrata.
  • Secara umum hewan amfibi mempunyai kulit yang halus maupun kasar dan lengkap dengan lendir racun untuk pelindung tubuhnya.
  • Pada kakinya lengkap dengan selaput maupun kuku yang bisa dipakai untuk berenang dalam air.
  • Hewan amfibi tergolong ke dalam hewan yang berdarah dingin.
  • Hewan amfibi mempunyai peredaran darah tertutup.
  • Hewan ini pun hanya mempunyai 3 ruang jantung.

Contoh Hewan Amfibi

Ada banyak hewan amfibi bisa dijumpai disekeliling kita atau di hutan. Berikut ini contohnya :

1. Kodok (bufo)

Kodok adalah salah satu contoh hewan amfibi yang secara mudah dijumpai. Hewan tersebut banyak ditemui di daerah lembab seperti dekat dengan rawa maupun sungai. Kodok mempunyai kaki berkuku serta berselaput. Permukaan tubuh kodok beracun serta kasar. Kaki kodok mempunyai permukaan yang lebih panjang pada bagian belakang yang berguna sekali untuk melompat. Hewan tersebut cenderung warnanya gelap dan hidup diatas permukaan tanah. Ukuran kecebong kodok terkenal lebih besar daripada katak. Sistem ekskresinya berbeda dengan amfibi.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Ikan Tidur Di Dalam Air? Ini Penjelasan Lengkapnya

2. Katak sawah (ran asp)

Katak sawah mempunyai ukuran lebih kecil. Katak tersebut banyak dijumpai di sawah tergenang. Katak mempunyai kaki yang berselaput sehingga membuat katak lincah dalam berenang. Kulit tubuhnya licin sekali dan warnanya tak mencolok. Katak sering makan serangga kecil ditepi sawah. Kulitnya licin akan tetapi tak beracun sama halnya kodok. Katak sawah pun mempunyai panjang kaki lebih panjang daripada kaki depan sebab memungkinkan berenang secara cepat. Hal tersebut sebagai salah satu gaya olahraga berenang yaitu gaya katak. Katak nafasnya menggunakan insang ketika masa kecebong berbeda dengan sistem nafas invertebrate.

3. Katak pohon (hyla sp)

Katak pohon adalah katak yang ukurannya cenderung kecil dari katak sawah serta kodok. Hal menarik pada katak pohon ialah mempunyai warna mencolok serta beracun. Katak pohon memakai juluran lidah memangsa makanannya berwujud serangga kecil. Kakinya kecil dengan mempunyai bantalan (pad) sehingga mmebuat katak melompat dari pohon satu ke satunya. Katak pun mempunyai permukaan kulit licin serta halus akan tetapi beracun. Ini pun sebagai contoh hewan yang metamorfosisnya sempurna.

4. Salamander (salamandra sp)

Salamander ialah salah stau jenis hewan amfibi yang mempunyai bentuk tubuh serupa dengan cicak. Hal tersebut bisa diamati dengan melihat bagian tubuh di salamander yang sudah patah. Salamander mempunyai habitat di daerah yang lembab seperti dekat dengan rawa. Salamander juga cenderung menghabiskan waktunya di tempat berair.

5. Sesilia atau apoda (caecilian sp)

Sesilia maupun apoda merupakan jenis hewan yang termasuk amfibi. Hewan tersebut tergolong dalam hewan amfibi kelompok langka. Sesilia pun mempunyai habitat pad atempat yang lembab. Sesilia mempunyai bentuk yang panjang misalnya sama dengan ular. Ukuran sesilia hanya lebih kecil saja. sesilia pun terkenal dengan nama ulo duwel bagi orang jawa. banyak orang yang beranggapan bahwa hewan sesilia ini jenis cacing maupun anak ular sebab mempunyai bentuk mirip.

Baca Juga :   Hewan Ovovivipar - Pengertian, Ciri-Ciri Beserta Penjelasannya Lengkap

6. Axolotl (ambystoma mexicanum)

Axototl merupakan salah satu macam amfibi yang menghabiskan banyak waktu guna berada didalam air. Hewan ini terkenal dengan nama salamander meksiko. Hewan tersebut mempunyai bentuk mirip dengan kadal. Banyak yang berpendapat hewan tersebut imut sekali dan lucu. Tubuhnya mempunyai warna putih. Hal tersebut membuat hean ini diminati menjadi hewan peliharaan eksotik bagi orang yang menyukainya.

7. Diplocaulus

Diplocaulus adalah hewan amfibi purba yang diduga para ahli dijumpai fosilnya. Hewan tersebut dikenal menjadi hewan pemakan ikan.

8. Common mudpuppy (necturus maculosus)

Hewan ini adalah salah stau jenis amfibi yang dikenal endimik di timur laut bagian A.S. hewan yang dijumpai banyak diwilayah Negara kanada di tempat lembab. Mereka suka bersembunyi dalam air dengan kedalaman sampai 90 kaki. Hewan tersebut pun dikenal bisa hidup sampai 20 tahun dengan bertahan memakan daging misalnya telur ikan, serangga dll.

9. Necturus lewisi

Hewan tersebut serupa dengan kadal yang banyak di jumpai didaerah Carolina utara. Ukurannya kurang lebih 16,5 sampai 28 cm. permukaan kulit halus bercorak.

10. Suriname horned frog (ceratophrys cornuta)

Hewan tersebut adalah amfibi bertanduk yang ada di amazon. Hewan ini bisa tumbuh sampai panjang 20 cm. hewan ini dijumpai pada daerah utara wilayah bagian Amerika selatan. Di masa kecebong, hewan tersebut mempunyai keunikan yang menyerang guna bertahan.

11. Olm (proteus anguinus)

Hewan tersebut asalnya dari eropa selatan. Hewan banyak dijumpai pada perairan lewat tanah berkapur. Warna kulit hewan tersebut merah mudah sama dengan manusia.

Jadi seperti itulah 10 contoh hewan amfibi terlengkap beserta penjelasannya. Hewan amfibi ini mempunyai ciri bisa beradaptasi di dua lingkungan alam, yakni di daratan dan di laut. Perkembangannya pun melaluimetamorfosa yang sempurna. Semoga bisa menambah wawsan ilmu pengetahuannya. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Baca Juga :   10 Jenis Jenis Kelinci Hias Didunia Dan Gambarnya Terlengkap

Baca juga:

4 Ciri-ciri Ekosistem Air Tawar Beserta Penjelasannya

5 Fungsi Ekor bagi Hewan Terlengkap